Budidaya Gaharu


Salah satu Pohon hasil budidaya, yang  mempunyai hasil budidayanya sangat baik sedang digandrungi pecinta Gaharu dengan jenis Aquilaria Malaccensis. Harganya bila valid bisa mencapai 250 juta / pohon bahkan bisa lebih dari itu dalam kurun waktu usia 10 tahun pasca inokulasi yang akurat. Yang siap tebang panen 75 pohon dengan rata-rata diameter 70-80 cm, usia 11 tahun setelah diinokulasi 2 kali, 2016 & 2017.
Kalau hasil budidaya saya sudah ada yang nawar 2,5 Milyar 75 pohon, saya ngga kasih pingin 5 Milyar..

Data Biotrop di Bogor pembelian Gaharu saya Aquilaria Malaccensis ada 1000 pohon tahun sekitar 2006 - 2007 , ditanam diberbagai wilayah, untuk penanaman 1000 pohon di tahun 2017 hasil dari biji Malaccensis kemarin sampai saat ini, karena emang kurang penanganan dan  cuaca ekstrim, banyak yang mati ,entah jadinya berapa ?,, Setelah 2 tahun ini. Karena sifat jenis pohon Gaharu, tentu saja bukan pohon sengon atau Jabon yang langsung tancap bisa langsung tumbuh dan gede, Pohon Gaharu itu perlu pemeliharaan intensif berkala / 3 bulannya harus dipupuk dan disiram tiap harinya, culture yang diharapkan pada pohon Gaharu tidak basah tapi tidak kering, harus lembab.

Jika umur 2 tahun rantingpun harus dipapas supaya pohon tidak bercabang ke samping, tapi harus menjulang ke atas, karena yang dibutuhkan bukan rindangnya, tapi batang pohon supaya gemuk dan lebar juga tinggi.

Bagi yang berminat diseluruh dunia untuk jangka panjang, kami CV Teoinvestama mewakili Indonesia untuk berinvestasi di perkebunan kami, karena lahan semakin hari semakin mahal kami menawarkan investasi dalam ruas tanah satu Hectar dengan bibit Aquilaria Malacensis 1000 pohon dalam 1 Hectar kisaran Rp 5.000,000,000, - ( lima milyar rupiah ) setara dalam dollar ( $ 360,000 ) kurs dollar Rp 14.000,- dan pengurusan sejak dini tanam sampai 2 tahun kami yang akan mengurusnya, dari pembibitan, pemupukan berkala, penyiraman dan intensitas pemeliharaan dari hama juga keamanan kami urus. Selama 2 tahun berjalan, sehingga tanaman aman dan berdiri tegak 1000 pohon dalam setiap hectarnya.



By Ufielutfi



Komentar