Sejarah Gaharu


Ratusan tahun yang lalu para Anbiya mencintai kayu Gaharu, karena mempunyai kandungan minyak khas Gaharu, sampai ribuan tahun yang lalu selalu menjadi hadiah istimewa bagi para pecintanya.

Kayu Gaharu adalah salah satu tanaman yang ada di Syurga. Indonesia merupakan penghasil Gaharu terbaik hasil  hutan yang menjadi komoditi komersil sehingga harganya fantastis bisa mencapai ratusan juta / kg nya. Gaharu Alam berproses jika penyerangan virus kapang terhadap pohon Gaharu sehingga masa prosesnya bisa ratusan tahun menjadi pohon Gaharu yang disebut Gubal Gaharu, Gubal Gaharu berproses dalam inti pohon yang menggumpal melekat pada batang pohon secara menyeluruh, sehingga pohon Gaharu masa ketahanan klorofil atau zat hijau daun melemah dan pohon gaharu tumbang dengan sendirinya karena tidak bisa menahan pengumpulan minyak gaharu yang tersimpan didalamnya. Penyebaran Gaharu Indonesia di wilayah manapun ada, Kalimantan, Sumatera, Papua, Aceh, Sulawesi bahkan di Jawa. 


Karena Gaharu  dieksplorasi terus terusan, maka SDA pohon Gaharu habis dan langka pada saat ini, kemudian pemerintah pada tahun sekitar 2004 menggalakan budidaya pohon gaharu dengan varietas unggulan dunia diantara jenisnya Malacensis, Grinov dan Mercuria.


Budidaya Gaharu dapat disuntik / inokulasi setelah 5 tahun tanam dan proses penyebaran virus paling cepat 6 bulan dan paling lama 1-2 tahun masa proses vaksin yang disebar dalam batang pohon Gaharu. Semakin bagus obatnya akan semakin bagus pula hasilnya. Secara kalkulasi penyuntikan hasil pohon yang disebut Gubal dalam jarak tanam 5 tahun sekitar 2 kg, semakin diameter lebar atau jarak tanam puluhan tahun akan menghasilkan Gubal Gaharu kisaran 10 kg ke atas dengan vaksin kuat, akurat dan cepat. Gubal Gaharu jenis Malacensis saat ini sekitar 100-200 juta / kg pada pohon Gaharu Alam, sedangkan gubal Gaharu pohon budidaya he he he, hitung sendiri deh..jika hanya 1/4 harga dari Gubal gaharu Alam sekitar 25 - 50 juta / kg.  Fantastik kan ??....


Tertarik kan ?....

Untuk investasi jangka panjang komoditi Pohon Gaharu ini layak jadi incaran anda di masa depan untuk anak cucu anda.
Mulailah menanam !! 

Masih ada yang kebingungan menentukan inti Gaharu atau disebut Gubal hitam mengkilap king super, populasi pohon gaharu dengan berbagai jenis yang ada di Indonesia sudah berkisar ratusan dan sudah ratusan tahun, bayangkan si batang pohon itu gemuknya bisa berdiameter 4 - 5 Meter bahkan lebih.


Terus ada pertanyaan masa gaharu berton ton ?... Jelas gaharu itu berton ton diameter nya aja 4-5 meter,dan bukan hanya satu pohon bisa puluhan dan ratusan pohon, virus kapang yang tadi disebutkan diatas merupakan virus ganas pohon yang menyebar ke seluruh batang pohon yang berproses puluhan bahkan ratusan tahun penyebarannya, ngga langsung broo.


Di  Alam terbuka tak semua virus kapang itu hinggap pada pohon penghasil Gaharu, konon katanya hasil Gaharu ini mengincar penemu yang mempunyai kwalitas manusia yang jujur, amanah dan dapat dipercaya, ada cerita mengerikan dihutan belantara ada seorang menemukan pohon gaharu dan dia berinisiatif besok akan menebangnya, keesokan harinya si pemburu balik ke tempat semula yang ia menemukan pohon kayu Gaharu, apa yang terjadi ?..tidak menemukan sama sekali pohon yang kemarin ia temukan, seolah hilang ditelan bumi. Aku sii dengernya cuma mesem, mungkin keduluan orang kali, belum beruntung si pemburu itu. 


Dalam produk Gaharu tidak ada hal mistis yang dibicarakan orang, barangnya real, objeknya jelas dan komoditasnya mempunyai nilai harga tinggi. Jadi intinya pohon penghasil Gaharu hanya bisa menerima hasil gaharunya apabila diserang virus kapang, itu saja. Dan yang kedua dengan cara inokulasi atau suntik secara budidaya.


Bagaimana dengan hasil budidaya ?.. tentu saja kalau hanya diameter 70-80 cm hanya mempunyai kandungan Gubal puluhan kilo dalam satu pohon, bisakah menyeluruh dalam proses satu pohon itu ?... Yaa itu tadi jika ingin mempunyai Gubal menyeluruh batang pohon hanya waktu yang menentukan, terus bagaimana pohon gaharu yang begitu besar tidak ada kandungan inti gaharu gubalnya ?.. makanya tidak setiap pohon penghasil gaharu bisa ada inti gaharu tiba-tiba, perlu inokulasi seksama apalagi berbatang bongsor , obatnya aja mahal broo ?... 


Mungkin satu pohon yang bongsor butuh puluhan liter virus yang disebar, jangan virus ngatainnya terlalu ekstrim Obat aja, obat penghasil Gaharu.


Kenapa begitu mahal harga gaharu yang sebenarnya ?..prosesnya aja puluhan tahun bahkan ratusan tahun..bisakah hasil Budi daya jadi hasil alam. ?...Bisa, jika obatnya kuat, dan didiamkan setelah inokulasi puluhan tahun kembali, proses supaya lapuk meleleh dan menghasilkan inti gaharu kelas Wahid bahkan kepadatannya maksimal mengandung Resint atau minyak.....

Do you understand ?..

Pasti ngerti lah...

Pohon gaharu itu seratnya seperti pohon biasa rapuh seperti sengon atau Jabon, beda dengan kayu jati yang memang dari Sononya kepadatan kayunya keras, nah jika pohon Gaharu keras dan padat berarti sudah kena virus atau kapang yang masa inkubasinya lama, berminyak dan beraroma khas Gaharu, beda jenis pohon dan kulture tanah wangi dan kwalitasnya berbeda beda. Jika ada gaharu kuning tapi beraroma, disebut gaharu muda. Yang pasti Gaharu sudah layak disebut King Super berwarna HiTAM mengkilap atau hitam agak butek juga abu abu tua. 

Sebenarnya buat apa sii Gaharu ?..

Gaharu itu mengandung kandungan minyak khas Gaharu, disuling dikondensasi pada mesin penyuling, yaa seperti fermentasi susu atau apapun, dan menghasilkan minyak. Selanjutnya hampas gaharu atau kayunya bisa dijadikan kosmetik sesuai teknologi yang digunakan, juga dikemas dalam bentuk dzupa yang terserah bentuknya bagaimana untuk ritual ke Agamaan atau hanya pewangi ruangan dalam bentuk teknologi terbaru. 

Juga bisa kombinasi barang jadi pewangi yang marak dijual deterjen, pewangi lantai, pewangi pakaian, wah dan banyak cabang cabangnya, daunnya bisa sebagai teh artinya teh Gaharu, khasiatnya untuk meningkatkan stamina dikarenakan teh Gaharu dapat menetralisir kandungan organ tubuh kita, sehingga proses peredaran darah dan organ berfungsi secara normal, artinya teh Gaharu membunuh virus virus yang ada didalam tubuh antioksidan tinggi.



Sekali lagi Pohon Gaharu itu salah satu tanaman Syurga yang banyak khasiatnya, dimana kita memerlukan bersih dan kebersihan khususnya mesin organ kita stabil ada di pohon Gaharu. Bisa berbentuk teh, kayunya atau lapisan serat luarnya, digodog air mendidik dan langsung diminum atau lewat penyaringan terlebih dahulu, Soo selamat mencoba ...

Proses dalam batang pohon penghasil gaharu jika sedang diserang virus kapang, dimulai dengan berserat kuning, kuning tua, coklat, coklat tua, hitam baru hitam legam, mengkilat atau hitam ke abu Abuan..

batas waktunya bisa cepat bisa lambat tergantung batang pohon berdiameter besar atau kecil, yang jelas penyebarannya akan menyeluruh sampai ke ranting dan akar.

Dengan teknologi nano apa yang bisa didapat ?.. dengan mesin teknologi super canggih nano, bila sebatang Gaharu dimasukkan ke mesin akan terpisah antara serat kayu, minyak, getah dan unsur unsur lain yang ada didalamnya.


Siapkah Indonesia ?... Belum, yang ada cuma di luar negeri...

Indonesia sebagai penghasil terbaik Gaharu, kita selalu terlambat dunia infrastruktur SDA ini, harusnya sudah mempunyai skala pabrik BUMN yang didalamnya mesin mesin canggih peretas unsur-unsur kimia dan fisika.

Apa itu Damar ?.... Bagian inti Gaharu yang melekat dan meleleh disuatu tempat penghasil kayu Gaharu disebuah pohon, bisa disela sela pohon, bisa diserat pohon yang rongga seratnya lebar
atau meleleh keluar dan menggumpal dengan sendirinya, warnanya hitam atau kuning seperti getah yang sudah bukan getah lagi tapi beraroma khas gaharu, apakah itu getah ?... Bisa jadi, namun getah gaharu sudah tidak bisa disebut getah karena sudah memiliki aroma khas Gaharu. Paling kerennya disebut Gubal Gaharu paling inti, dan jarang ditemukan oleh siapapun karena proses penggumpalan Gubal yang lengket atau getah yang lengket prosesnya ratusan tahun. 
Berapa harganya ?..
Sekitar 500 juta / kg..

Cara mencium bau harum gaharu, bila sudah kering kayu gaharu, kupas lagi batangnya dan cium dekat hidung, baru tercium wanginya. Tetapi bila tidak dikupaspun dicium dekat hidung karena didalamnya masih terkumpul minyak masih dirasakan berbeda artinya beda dengan kayu biasa masih tercium harumnya. Jangan menyamakan dengan minyak wangi, minyak wangipun bila tidak disemprotkan takkan kecium bau harumnya, kayu gaharu bahan baku jadi menciumnya harus lekat dihidung. Jika mau dicium aromanya langsung, yaa dibakar sedikit cepat matikan, terus asapnya hirup, pokoknya harumnya aneh dan bisa juga lurus , ada juga yang menyengat sampai kepala pening. Jadi jangan aneh, bisa asapnya harum aneh tapi minyaknya ok, bisa harum lurus soft tapi minyaknya jelek. Tapi semua itu memang gaharu, karena gaharu adalah salah satu pohon yang ada di Syurga, dan tidak pantas kita menjelekkan ciptaan Alloh langsung. Bunga melati, bunga mawar ciptaan tuhan juga, tapi adakah keterangan bunga melati dan mawar salah satu Bunga Syurga, tidak ada. Yang ada pohon Gaharu dan entah pohon apalagi yang di sediakan oleh Alloh. Wallohu 'alam..

Wangi khas gaharu itu tidak bisa didefinisikan sebagaimana bunga, atau buah buahan. Khas gaharu beraroma juga kadang tidak bisa didefinisikan wangi apa atau wangi gimana gitu.. yaa itulah wangi Gaharu, kadang lembut, keras, menyengat dan sangat berpotensi menjadi bahan yang memabukkan membuat kita pening kepala, yaa itulah GAHARU.

Semua biang apapun dapat memeningkan kepala baik biang dari bunga bungaan, buah buahan begitupun biang khas minyak gaharu, jika biang khas gaharu bisa dikombinasikan dalam takaran tepat akan menghasilkan bau wangi yang tak lazim, artinya punya wangi gaharu art tersendiri bila kedapatan khas gaharu tidak enak. Ok, selamat mencoba bagi perusahaan perusahaan yang bergelut dibidang minyak Gaharu dan minyak minyak lainnya. In shaa Alloh punya daya jual minyak yang tinggi, cari dong ahli kimia analis yang pintar dan cerdas.





By Ufielutfi





Untuk pencerahan tentang gaharu juga, ini kan masalah SDA alam, eksplorasi tentang material tidak sebatas hanya yang bagus saja, misalkan Gaharu , gaharu banyak jenisnya, kenapa sii akhir akhir ini banyak perusahaan yang enggan menerima gaharu jelek, misalkan gaharu buaya, sorry Gaharu Alamku bukan Gaharu buaya. Padahal secara kwalitas gaharu buaya sama saja dengan gaharu yang bagus dan sejenis, hitam berminyak kadar tinggi.

Saya teringat ayah saya, ketika masih berdagang beras, beras apapun ayah saya terima sampai yang namanya beras jaipong, ayah saya tak pernah menafikan sejenis beras yang bisa dikatakan paling jelek, apalagi beras Bulog yang disimpan tahunan udah bau, tengik,kutuan dan bukukan kadang kena lembab dan air, dibelinya oleh Ayah saya berapa ton yang ada. Apa yang terjadi dengan semua beras yang jelek, Ayah saya berpikiran cerdas untuk menjadi komoditas beras yang bagus, maka beras yang jelek bukan dicampur dengan jagung, ini beras dengan beras. Maka beras yang jelek dioplos dengan beras yang bagus menghasilkan komoditas beras yang menengah, tidak jelek tapi tidak bagus, tapi memiliki purna jual tinggi bahkan laku karena terjangkau masyarakat untuk dikonsumsi, nyaris tidak ada yang Protest karena sesungguhnya menyulap beras yang jelek menjadi beras bisa dikonsumsi layak jual dan layak di makan.

Apakah itu dibenarkan ?... Jelas, benar dan dibenarkan karena percampuran itu tidak memakai komoditas lain yang berbeda, yang dilarang dan haram itu ketika beras dicampur dengan biji plastik yang sama putihnya atau dengan campuran yang berbeda kandungan unsur berasnya.

Begitupun Gaharu, banyak kalangan petani gaharu dan pemburu Gaharu mengeluhkan termasuk katanya leader ku di Riyad sudah memasukkan Gaharu lebih dari 15 kali ke Saudi Arabia namun gagal, katanya gaharu buaya secara penolakannya, kalaupun 15 jenis gaharu itu selalu ditolak, gaharu mana yang paling laku, padahal Gaharu tetaplah Gaharu apapun jenisnya dan kwalitasnya bisa di bentuk komposisi minyak yang beraneka ragam bau wangi parpumnya.

Saya membuka peluang kepada perusahaan yang cerdas untuk menyikapi masalah gaharu di Indonesia supaya Gaharu apapun bisa diterima oleh negara manapun, khususnya yang banyak dikonsumsi oleh Negara Timur Tengah, Amerika, Eropa Inggris yang sohor dengan minyak wanginya, Itali dan bagian Asia dan Afrika. Apalagi kepemilikan Gaharu alam saya jumlah nya 5 ton. Bisakah anda membantu saya untuk terjual semua ?...

Gaharu hitam asli alam sebenarnya yang tenggelam, banyak gaharu hitam yang juga tidak tenggelam, apa sii perbedaannya ?.... Ini tentang waktu berprosesnya kapang didalam pohon yang berumur puluhan atau ratusan tahun yang mengendap dalam batang pohon. Dalam satu pohon gaharu alampun tidak akan semuanya tenggalam, tapi jika ada dalam satu jenis pohon Gaharu sudah ada yang tenggelam maka kwalitas bagian yang hitam atau coklat yang tidak tenggelam atau melayang juga mengapung di air kwalitasnya sudah bagus bahkan terbaik. Apakah yang tenggelam itu berarti hitam ?... Tidak, karena bagian gaharu tenggelam itu kandungan minyaknya tinggi, banyak juga yang coklat atau kuning yang tenggelam. Hitam itu menandakan adanya kwalitas gaharu yang terbaik, tapi minyak yang banyak kandungannya tidak selalu hitam, tenggelam itu hanya menandakan tinggi kadar minyaknya.

Premisnya gini

Semua Gaharu mengandung Minyak

Gaharu terbaik itu hitam

Gaharu hitam tenggelam

Tidak semua gaharu hitam itu tenggelam

Semua Gaharu mengandung minyak

Gaharu berwarna kuning, coklat dan hitam

Gaharu itu tenggelam.

Dan tidak semua gaharu yang berwarna itu tenggelam

Selamat berburu !!!!...

By Ufielutfi

Komentar

  1. Maaf yaa, warna tulisan jadi warna warni, entah gimana sudah saya benarkan dalam satu warna ,tetap aja begitu, jadi pelangi..aneh jadinya.

    BalasHapus

Posting Komentar